Inilah 5 Gedung Tertinggi Di Indonesia, Dana Pembuatannya Fantastis

- Minggu, September 10, 2017
advertise pemkab bone
Wisma BNI 46.
BONEPOS.WOW - Seiring dengan perkembangan zaman, juga karena keterbatasan lahan, pembangunan gedung-gedung pencakar langit dinilai sebagai solusi paling baik. Bukan hanya di luar negeri, di Jakarta pun kini sedang mulai banyak proyek gedung-gedung tinggi. Tidak tanggung-tanggung, bebeberapa gedung tersebut pun bahkan mencapai ketinggian hingga ratusan meter.

Di Indonesia sendiri, rekor masih dipegang oleh Wisma BNI 46 dengan ketinggian 262 meter dan sudah bertahan selama hampir dua dekade. Namun, gedung yang didirikan pada tahun 1996 tidak lama lagi akan tersingkir dari pemegang rekor. Saat ini, belasan gedung pencakar langit sedang dalam tahap pengerjaan dan dijadwalkana akan rampung pada 2020 mendatang.

Berikut 5 proyek Gedung tertinggi Indonesia yang akan memecahkan rekor jika telah rampung:

1. The Signature Tower, ketinggian 638 meter
Berdasarkan rencana, gedung ini akan memiliki ketinggian 638 meter dengan 111 lantai. Jika rampung, maka The Signature Tower akan menjadi gedung tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia karena melampaui ketinggiana Shanghai Tower di Cina yang ketinggiannya 632 meter.

Gedung ini akan berdiri di kawasan perkantoran premium ibukota di Sudirman Central Businses District (SCBD). Pembangunan nya pun menelan dana super fantastis, yakni USD 1 miliar.

2. Meisterstadt, ketinggian 400 meter
Meisterstadt akan didirikan di Batam, dengan dana mencapai 15 Trilyun. Hal ini karena Batam akhir-akhir menjadi tujuan pariwisata terfavorit ketiga di Indonesia setelah ketiga yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan setelah Jakarta dan Bali.

Gedung ini mulai dibangun tahun 2016 dan dijadwalkan akan rampung pada tahun 2019. Setengah baiya gedung ini merupakan investasi dari presiden ketiga BJ Habibie.

Dengan total luas 9 ha, Meisterstadt nantinya akan memiliki berbagai fasilitas, seperti apartemen, mal, rumah sakit, perkantoran, universitas, dan fasilitas lainnya.

3. Gedung Peruri 88, ketinggian 389 meter
Berlokasi di Kawasan Blok M, gedung yang diinisiasi oleh Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri)  ini mulai dikerjakan pada tahun 2015 dan telah menelan dana Rp 4 Trilyun. Gedung ini nantinya akan memiliki 88 lantai, sesuai dengan namanya.

4. Arthaloka Tower, ketinggian 360 meter
Gedung bermodalkan Rp2,7 Trilyun ini akan dibangun di Kawasan Segitiga Emas Sudirman. Merupakan Proyek yang dinisiasi oleh PT Arthaloka. Gedung ini sendiri akan didesain menjulang ke atas dengan lampu memancar, terinspirasi dari obor Jawa.

Arthaloka Tower akan memiliki 72 lantai, dan pembangunannya diperkirakan selesai pada tahun 2018.

5. Icon Towers, ketinggian 350 meter
Masih berlokasi di kawasan Sudirman, Icon Towers merupakan high rise commercial building. Gedung seluas 1755 meter ini diharapkan selesai pada tahun 2019 dengan 77 lantai.

Editor     : Rizal Saleem