Jadi Tersangka KPK, Ini Rekam Jejak Bupati Cantik Rita Widyasari

- Rabu, September 27, 2017
advertise pemkab bone
Jadi Tersangka KPK, Ini Rekam Jejak Bupati Cantik Rita Widyasari
Rita Widyasari. (BONEPOS/IST)

Bonepos.Wow, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur, Rita Widyasari sebagai tersangka dugaan penerimaan gratifikasi.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Kalimantan Timur tersebut ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil pengembangan kasus.

"Sudah tersangka, Ibu Rita, tapi itu bukan OTT, pengembangan kasus biasa," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 26 September 2017 kemarin.

Rita adalah politikus Partai Golkar. Pada Oktober 2016, Rita dilantik sebagai Ketua DPD Golkar Kalimantan Timur oleh Ketum Golkar Setya Novanto.

Dilansir kompas.com, Bupati perempuan pertama di Indonesia ini juga dinilai berprestasi karena banyaknya penghargaan yang diperolehnya.

Salah satunya adalah tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha yang diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada 28 April 2015.

Penghargaan ini diberikan karena Rita dinilai berkomitmen tinggi atas pembangunan kesejahteraan keluarga dan kependudukan di daerahnya.

Rita juga pernah menerima penghargaan sebagai salah Inspirator Pembangunan Daerah 2017. Penghargaan dari Pusat Kajian Keuangan Negara ini diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Di tingkat internasional, Rita pernah menerima penghargaan Global Leadership Award 2016 dari majalah bisnis The Leader International dan American Leadership Development Association.

Rita menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Padjadjaran Jurusan Administrasi Niaga. Ia kemudian melanjutkan S2 di Universitas Jenderal Soedirman. Universitas Utara Malaysia (UUM) dipilih Rita sebagai tempat menimba ilmu dan akhirnya mendapat gelar PhD. (*)


Editor     : Jumardi Ramling