Rossi Absen, Ini Dia Fakta Menarik Jelang MotoGP San Marino

- Rabu, September 06, 2017
advertise pemkab bone
Rossi, GP Belanda 2017
Valentino Rossi saat meraih juara di MotoGP Belanda 2017 (yamahamotogp.com).

BoneposWow, MISANO - Balapan MotoGP San Marino, yang akan berlangsung Minggu 10 September 2017, diprediksi bakal kehilangan pebalap Movistar Yamaha, yakni Valentino Rossi. Saat ini pembalap dijuluki The Doctor itu masih menjalani pemulihan cedera.

Seperti diberitakan, pembalap asal Italia itu mengalami patah kaki setelah terjatuh dari sepeda motor saat offroad. Meski telah meninggalkan rumah sakit, namun Rossi masih butuh waktu untuk proses penyembuhan cederanya.

Absennya di MotoGP San Marino tentu mengecewakan bagi para penonton. Pasalnya mereka tidak bisa menyaksikan pebalap tuan rumah yang di idolakannya itu beradu kecepatan di lintasan.

Tidak hanya penonton dan penggemar, tentunya Rossi, juga merasa kehilangan moment istimewa untuk tampil di hadapan publik sendiri, termasuk mengejar peluang juara sekaligus memangkas selisih poin dengan pembalap diatanya.

Seperti yang diketahui, saat ini Rossi masih berada di urutan keempat klasemen sementara MotoGP dengan perlohehan 157 poin. Rossi tertinggal 26 poin dari Andrea Dovizioso yang saat ini berada di puncak klasemen MotoGP setelah menyingkirkan Marc Marquez.

Meski Rossi absen, balapan di San Marion diprediksi bakal berlangsung seru, lantaran tiga pembalap yang kini bertengger di posisi 3 besar klasemen yakni Dovizioso, Marc Marquez dan Vinales akan berjuang untuk meraih poin sekaligus mengamankan langkahnya menjadi juara dunia MotoGP 2017.

Ini Dia Fakta Menarik Jelang MotoGP San Marino

1. Pembalap Tim Repsol Honda, Dani Pedrosa merupakan juara bertahan di GP San Marino. Ini merupakan balapan edisi ke-21 di Sirkuit Misano, atau Misano World Circuit Marco Simoncelli.

2. Sejak kembali menggelar balapan kelas MotoGP di Misano pada tahun 2007, Tim Ducati baru sekali meraih kemenangan, Honda dua kemenangan serta Yamaha selebihnya. Saat itu, Ducati diperkuat oleh Casey Stoner yang meraih podium ke-1 pada 2007, Toni Elias podium ke-3 pada 2008, dan Valentino Rossi dengan podium ke-2 pada 2012.

3. Sejak tahun 2017 hanya Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang mampu mendulang sukses. Keduanya telah mengoleksi 4 kemenangan. Lorenzo (3 kali di MotoGP dan 1 di kelas 250cc), sedangkan Marquez (sekali di MotoGP dan 2 kali Moto2 serta sekali di 125cc).

4. Dengan absennya Rossi karena Cedera, MotoGP dinilai rugi besar. Hal ini diungkapkan mantan manajer Valentino Rossi selama 6 tahun di Yamaha yakni Davide Brivio.

Menurut Davide, Rossi masih sangat dibutuhkan di MotoGP, baik oleh kawan maupun lawan. Sungguh kerugian besar yang patut disayangkan, walaupun hanya dalam satu seri balapan.


Editor     : Jumardi Ramling