Terbongkar, Begini Kronologi Pernikahan Sejenis di Bulukumba

- Kamis, September 28, 2017
advertise pemkab bone
Pernikahan Sejenis di Bulukumba
Sarifa Nurul Husna saat befoto usai dinikahi oleh Rahmat Yani. (FOTO/ISTIMEWA).

BONEPOS.COM, BONE - Pernikahan sesama jenis kelamin atau sejenis terjadi di Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pernikahan sejenis ini dilakukan oleh Sarifa Nurul Husna, 20 tahun dan Rahmat Yani, 17 September 2017 lalu.

Camat Bontotiro, Andi Ansar mengatakan, Sarifa Nurul Husna yang merupakan warga Dusun Erelebu, Kelurahan Eka Tiro, Bulukumba merupakan korban.

Andi Anshar mengungkapkan bahwa awalnya pihak keluarga Sarifa tidak ada yang mengetahui jika mempelai pria yakni Rahmat berjenis kelamin perempuan.

Wajar saja kata Dia, pasalnya Rahmat lebih mirip laki-laki pada umumnya dan tidak ada tanda-tanda kalau dia adalah perempuan.

"Keluarganya tidak tahu kalau Rahma itu perempuan, sehingga mereka terima lamaran itu. Semuanya berjalan normal awalnya, termasuk saat undangan disebar," ungkap

Dijelaskannya, bahwa saat itu penghulu dari KUA Bontotiro menolak untuk menikahkan pasangan ini lantaran berkas syarat pernikahan tidak dapat dipenuhi oleh Rahmat.

"Surat pengantar dari kantor Desa Rahmat tidak lengkap sehingga pak penghulu tidak mau menikahkan," jelas Anshar.

Sehingga lanjut Anshar saat itu, keduanya dinikahkan oleh Imam Masjid setempat, dimana sebelum dinikahkan Rahmat berjanji akan melengkapi berkasnya setelah pesta pernikahan dilakukan.

Keduanya pun akhirnya dinikahkan, karena Rahmat beralasan takut jika pujaan hatinya itu keburu dilamar dan menikah dengan laki-laki lain.

"Semuanya terbongkar saat kepala dusun meminta dokumen identitas Rahmat. Setelah ditelusuri, Rahmat merupakan Warga Kecamatan Herlang, Bulukumba, dan hasil klarifikasi di daerah itu, Rahmat berjenis kelamin perempuan," ujarnya.

Warga yang mendapatkan informasi tersebut langsung menggiring Rahmat ke Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Bontotiro, alhasil dihadapan Polisi Rahmat akhirnya mengakui kalau dirinya perempuan.

Diberitakan sebelumnya, pernikahan sesama jenis yang terjadi di Kabupaten Bulukumba, menghebohkan jejaring sosial media atau warganet. Informasi ini pun langsung viral setelah diunggah warganet melalui media sosial.

Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Rizal Saleem