Viral! Video Bule Amerika Lancar Berbahasa Bugis, Kata-katanya Bikin Takjub

- Selasa, September 19, 2017
advertise pemkab bone
Bule, bahasa bugis, bonepos
BONEPOS.COM, MAKASSAR - Baru-baru ini beredar sebuah video yang menunjukkan seorang bule berbicara dalam bahasa bugis dengan sangat fasih.Video ini pun dengan cepat menyebar di media sosial Instagram dan Facebook dan menjadi viral, Selasa 19 September 2017.

Belakangan diketahui, bule tersebut bernama Dauglas Laskowske, asal Amerika. Dalam video tersebut, Dauglas menggunakan bahasa bugis keseluruhan dan berpesan kepada orang-orang bugis agar senantiasa menjaga bahasa bugis dan tidak melarang anak-anak untuk berbahasa bugis.

"Saya mau berpesan kepada orang Bugis, jangan malu untuk mengajar anak Anda berbahasa Bugis. Saya tahu, yang Anda takutkan adalah jangan sampai mereka tidak bisa berbahasa Indonesia. Tapi, saya jadi bukti bahwa kita bisa belajar bahasa Indonesai, dan juga bahasa Bugis," demikian salah satu penggalan perkataan Douglas dalam video tersebut.

Dalam video tersebut, dirinya juga mengaku khawatir jangan sampai di kemudian hari tidak ada lagi orang yang dapat berbahasa bugis. Padahal bahasa bugis merupakan hal yang harus dilestarikan hingga ke anak cucu.

"Tidak apa-apa kita mengajari anak-anak kita berbahas Bugis, agar mereka tidak lupa. Karena jangan sampai nanti tidak ada lagi yang dapat berbahasa bugis." Pesannya.

Berikut ucapan Dauglas dalam video tersebut dalam versi bahasa Indonesia:

"Jadi, saya mau berpasan kepada Anda orang Bugis, jangan malu mengajari anak Anda berbahasa Bugis, Saya tahu, yang Anda takutkan adalah jangan sampai mereka tidak bisa berbahasa Indonesia. Tapi, saya jadi  bukti bahwa kita bisa belajar bahasa Indonesia, dan juga bisa berbahas bugis, begitu pula bahasa Inggris.  Jadi, tidak apa-apa mengajari anak Anda berbahasa Bugis agar nantinya mereka tidak lupa, karena tidak  menutup kemungkinan akan ada masa di mana tidak ada lagi anak-anak yang bisa berbahasa Bugis, tidak bisa  bertutur kata.  Jadi, mungkin itu saja pesan saya. Dan untuk guru-guru, jangan melarang anak-anak berbahasa bugis di sekolah, yang penting mereka pintar berbahasa Indonesia. Tapi, kalau sudah pintar (bahasa Indonesia - Red) kenapa harus dilarang berbahasa bugis, jangan sampai mereka malu berbahasa Bugis. Padahal bahasa bugis merupakan hal yang penting."

Editor     : Rizal Saleem