Wow! Uang-uang Edaran Tahun 90-an Ini Kini Dihargai Fantastis

- Selasa, Oktober 03, 2017
advertise pemkab bone


Wow.Bonepos.com - Seiring perkembangan dan kemajuan zaman, pihak Bank Indonesia selaku badan yang diberikan kewenangan untuk mengurusi uang negara. Sejak dibentuknya 1952, Bank Indonesia telah beberapa kali melakukan perubahan desain terhadap mata uang yang ada di Indonesia.

Pergantian model dan desain ini, perlahan menjadikan uang yang diterbitkan terdahulu di era 90-an tidak lagi berlaku dan tidak dapat digunakan sebagai alat transaksi jual beli.

Namun siapa sangka, kendati tidak lagi diberlakukan oleh Bank Indonesia, ternyata beberapa uang terbitan tahun 90-an masih banyak dicari oleh kolektor bahkan dihargai fantastis.

Brikut 5 uang desain 90-an yang paling banyak dicari dan berharga fantastis:

1. Koin Seribu Kelapa Sawit

Uang ini memiliki desain unik karena memiliki dua unsur warna, yakni emas dan perak. Jika pada tahun 90-an uang koin ini hanya digunakan untuk alat kerokan karena nilainya yang tidak seberapa, ternyata sekarang  banyak yang mencari jenis seperti ini. Kolektor pun menghargai koin ini mulai 10 ribu hingga 100 ribu.

2. Uang 10 Ribu Cut Nyak Dien

Banyak orang yang mencari uang jenis ini, selain karena kelangkaannya, kehadiran toko pahlawan perempuan terkenal ini, menambah nilai jualnya. Tidak tanggung-tanggung, uang ini dihargai hingga 500 ribu rupiah.

3. Uang 100 KertasMerah Lama

Banyak pihak yang menganggap jika uang ini merupakan salah satu legend desain uang yang pernah dikeluarkan di Indonesia. Uang ini pun paling populer di kalangan anak 90-an. Dalam sebuah forum jual beli online, selembar uang ini dihargai 1 juta. Fantastis.

4. Uang ketas 500 Orang Utan


Dari semua desain uang yang pernah dikeluarkan Bank Indonesia, mungkin inilah desain yang paling terkenal. Mengangkat Orang Utan sebagai gambar utamanya, menjadikan uang ini menarik. Dilansir dari Tribunnews.com, uang bergambar Orang Utan ini laku dijual hingga 1,5 juta.

5. Uang Kertas 50 Ribu Lama

Uang ini memang memiliki nominal tinggi. Namun ternyata, saat ini memasang harga berkali-kali lipat untuk uang ini. Serupa dengan uang 500 lembar bergambar Orang Utan, 1 lembar uang ini juga dihargai 1,5 juta.

Nah, itulah 5 uang edaran tahun 90-an yang kini sudah mulai hampir habis stok. Sehingga dihargai  dengan sangat tinggi oleh para kolektor.

Editor     : Rizal Saleem